Gangguan belajar
8:08 AM Edit This 0 Comments »
DEFINISI
Gangguan
belajar meliputi kemampuan untuk memperoleh, menyimpan, atau menggunakan
keahlian khusus atau informasi secara luas, dihasilkan dari kekurangan perhatian,
ingatan, atau pertimbangan dan mempengaruhi performa akademi.Gangguan belajar
sangat berbeda dari keterlambatan mental dan terjadi dengan normal atau bahkan
fungsi intelektual tinggi. Gangguan belajar hanya mempengaruhi fungsi tertentu,
sedangkan pada anak dengan keterlambatan mental, kesulitan mempengaruhi fungsi
kognitif secara luas. Terdapat tiga jenis gangguan belajar : gangguan membaca,
gangguan menuliskan ekspresi, dan gangguan matematik. Dengan demikian, seorang
anak dengan gangguan belajar bisa mengalami kesulitan memahami dan mempelajari
matematika yang signifikan, tetapi tidak memiliki kesulitan untuk membaca,
menulis, dan melakukan dengan baik pada subjek yang lain. Diseleksia adalah
gangguan belajar yang paling dikenal. Gangguan belajar tidak termasuk masalah
belajar yang disebabkan terutama masalah penglihatan, pendengaran, koordinasi,
atau gangguan emosional.
PENYEBAB
Meskipun
penyebab gangguan belajar tidak sepenuhnya dimengerti. Mereka termasuk kelainan
pada proses dasar yang berhubungan dalam memahami atau menggunakan ucapan atau
penulisan bahasa atau numerik dan pertimbangan ruang. Diperkirakan 3 sampai 15%
anak bersekolah di Amerika Serikat memerlukan pelayanan pendidikan khusus untuk
menggantikan gangguan belajar. Anak laki-laki dengan gangguan belajar bisa
melebihi anak gadis lima banding satu, meskipun anak perempuan seringkali tidak
dikenali atau terdiagnosa mengalami gangguan belajar. Kebanyakan anak dengan
masalah tingkah laku tampak kurang baik di sekolah dan diperiksa dengan psikologis
pendidikan untuk gangguan belajar. Meskipun begitu, beberapa anak dengan jenis
gangguan belajar tertentu menyembunyikan gangguan mereka dengan baik,
menghindari diagnosa, dan oleh karena itu pengobatan, perlu waktu yang lama.
GEJALA
Anak
kecil kemungkinan lambat untuk mempelajari nama-nama warna atau huruf, untuk
menyebutkan kata-kata untuk objek yang dikenal, untuk menghitung, dan untuk
kemajuan pada awal keahlian belajar lain. Belajar untuk membaca dan menulis
kemungkinan tertunda. Gejala-gejala lain dapat berupa perhatian dengan jangka
waktu yang pendek dan kemampuan yang kacau, berhenti bicara, dan ingatan dengan
jangka waktu yang pendek. Anak tersebut bisa mengalami kesulitan dengan
aktifitas yang membutuhkan koordinasi motor yang baik, seperti mencetak dan
mengkopi. Anak dengan gangguan belajar bisa mengalami kesulitan komunikasi.
Beberapa anak mulanya menjadi frustasi dan kemudian mengalami masalah tingkah
laku, seperti menjadi mudah kacau, hiperaktif, menarik diri, malu, atau
agresif.
DIAGNOSA
Anak
yang tidak membaca atau belajar pada tingkatan yang diharapkan untuk kemampuan
verbal atau kecerdasan harus dievaluasi. Pemeriksaan pendengaran dan
penglihatan harus dijalankan, karena masalah pikiran sehat ini bisa juga
berhubungan dengan keahlian membaca dan menulis. Dokter meneliti anak tersebut
untuk berbagai gangguan fisik. Anak tersebut melakukan rangkaian tes
kecerdasan, baik verbal maupun non verbal, dan tes akademik pada membaca,
menulis, dan keahlian aritmatik.
PENGOBATAN
Pengobatan
yang paling berguna untuk gangguan belajar adalah pendidikan yang secara
hati-hati disesuaikan dengan individu anak. Cara seperti membatasi makanan
aditif, menggunakan vitamin dalam jumlah besar, dan menganalisa sistem anak
untuk trace mineral seringkali dicoba tetapi tidak terbukti. Tidak ada
obat-obatan yang cukup efektif pada pencapaian akademis, intelegensi, dan
kemampuan pembelajaran umum. Karena beberapa anak dengan gangguan belajar juga
mengalami ADHD, obat-obatan tertentu, seperti methylphenidate, bisa meningkatkan
perhatian dan konsentrasi, meningkatkan kemampuan anak untuk belajar.
0 comments:
Post a Comment