Cara Membantu Anak Mengatasi Gangguan Belajar, Tips Bagi Orang Tua
8:12 AM Edit This 0 Comments »
Anak
yang mengalami gangguan belajar sering kali akan menunjukkan gangguan perilaku.
Hal ini bisa berdampak pada hubungan pasien dengan orang-orang di sekitarnya
(keluarga, guru dan teman-teman sebaya). Untuk itu anak perlu didampingi untuk
menghadapi situasi ini.Orang tua merupakan guru yang pertama dan terdekat
dengan anak. Dengan demikian, peran orang tua sangat penting untuk mengenali
permasalahan apa yang dialami anak. Selain itu, penting juga untuk menemukan
kekuatan atau kemampuan yang dimiliki anak. Hal ini akan membantu orang tua
mendukung anak mengembangkan kemampuan yang dimilikinya sehingga dapat meningkatkan
kepercayaan diri anak.
Tugas anak adalah bermain, maka proses belajar pun
sebaiknya menjadi proses yang menyenangkan untuk anak. Apalagi pada anak dengan
gangguan belajar, penting untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
dan tidak membebani anak. Kenali hal apa yang membuat anak merasa senang.
Misalnya, jika anak tersebut menyukai lagu tertentu, ajak anak itu belajar
sambil memutarkan lagu tersebut. Ijinkan anak membawa mainan kesayangannya saat
belajar. Jika anak senang dengan suatu obyek tertentu, misalnya kereta api,
sertakan bentuk kereta api dalam pelajaran. Sebagai contoh, anak dengan
gangguan berhitung, saat belajar berhitung dapat digunakan gambar kereta api
yang dia senangi.
Anak
dengan gangguan belajar juga bisa mengalami perasaan rendah diri karena
ketidakmampuannya atau karena sering diejek oleh teman-temannya. Untuk itu,
penting bagi orang tua memberikan pujian jika ia berhasil melakukan suatu
pencapaian. Misalnya, bila suatu kali anak berhasil mendapat nilai yang cukup
baik atau mengerjakan tugas dengan benar, maka orang tua hendaknya memberi
pujian pada anak. Hal ini akan memotivasi anak untuk berbuat lebih baik,
meningkatkan rasa percaya diri dan membantu anak merasa nyaman dengan dirinya.
Keterlibatan
pihak sekolah juga perlu diperhatikan karena sebagian besar waktu belajar anak
ada di sekolah. Diskusikan dengan guru kelas mengenai kesulitan dan kemampuan
anak dalam belajar. Posisi tempat duduk anak di kelas juga bisa membantu anak
untuk lebih berkonsentrasi dalam belajar. Akan lebih baik jika anak duduk di
depan kelas sehingga perhatiannya tidak teralih ke anak-anak lain atau ke
jendela kelas. Masalah gangguan belajar penting sekali dipahami oleh orang tua
dan guru sehingga dapat mendukung dan membantu anak dalam belajar. Jika ditangani
dengan tidak benar maka hanya akan menambah permasalahan pada anak. Deteksi dan
konsultasi dini pada anak yang diduga mengalami gangguan belajar menjadi faktor
penting sehingga anak dapat segera ditangani dengan tepat. Kerja sama antara
orang tua, guru dan profesional kesehatan jiwa (psikiater dan psikolog)
diperlukan untuk membantu anak menghadapi permasalahan gangguan belajar
tersebut.
0 comments:
Post a Comment