BELAJAR

3:49 PM Edit This 0 Comments »

Tugas utama seorang pelajar adalah belajar. Banyak siswa yang sudah belajar, tetapi kegagalan dalam mengikuti ujian kelihatannya tidak sedikit. Ini mungkin disebabkan system belajar mereka yang kurang tepat.

Tulisan ini dimaksudkan untuk memberi solusi cerdas teman-teman di dalam menentukan system belajar yang baik.

Disiplin Belajar
Disiplin belajar, dalam arti menentukan program-program belajar dan melaksanakannya sesuai dengan program-program/jadwal yang telah ditentukan. Mungkin teman-teman juga merasakanbahwa ada seribu satu macam gangguan belajar, misalnya melamun, malas, fasilitas tidak memadai, gangguan situasi keluarga, dan lain-lain. Gangguan seperti ini sering menimpa teman-teman sehingga belajar pun terganggu dan alibatnya gagal di dalam ujian. Di sinilah pentingnya disiplin belajar agar dampak-dampak negatif dari gangguan tersebut dapat ditekan semaksimal mungkin.

Pembagian Waktu BelajarJadwal belajar perlu dibuat. Kapan waktu belajar dan pelajaran apa saja yang dipelajari tiap hari. Ada sebagian siswa yang kegiatannya setiap hari ditulis di dalam daftar rencana kerja sampai mendetail dari bangun tidur sampai tidur lagi. Cara ini memang ada baiknya, tetapi ada waktunya kita menemukan kelemahannya. Karena dengan menepati ketentuan yang ada di tabel kita akan menyingkirkan hal-hal lain yang justru merupakan hal-hal yang penting. Lalu bagaimanakah langkah kita dapat menentukan waktu belajar? Untuk itu tentukan saja pelajaran apa saja yang harus dipelajari pada tiap-tiap hari, misalnya tiap hari harus belajar dua atau tiga mata pelajaran. Minimal harus belajar satu kali tiap mata pelajaran dalam satu minggu.

Konsentrasi Belajar
Belajar tanpa konsentrasi tidak akan membuahkan hasil yang diharapkan. Untuk membantu konsentrasi belajar, perhatikan hal-hal di bawah ini.
  1. Sediakan tempat belajar lengkap dengan meja belajar serta penunjang yang lainnya.
  2. Hilangkan hal-hal/sesuatu yang mengganggu. Usahakan agar di atas meja hanya tersedia alat-alat yang diperlukan untuk belajar. Alat lain yang belum dibutuhkan sebaiknya disimpan terlebih dahulu.
  3. Tentukan waktu, misalnya dalam waktu satu jam harus sudah dapat membaca sekian halaman, atau waktu sekian harus sudah dapat memahami satu atau dua bab.
  4. Untuk menambah konsentrasi gunakanlah alat tulis untuk mencatat hal-hal yang dianggap penting dan menggaris bawahi hal yang penting.
  5. Apabila konsentrasi buyar mungkin kejenuhan merupakan salah satu faktor penyebabnya. Untuk itu gantilah membaca buku lain, tapi jika masih belum juga berkonsentrasi, sebaiknya tinggalkan saja meja belajar.
  6. Pakailah hukum 1 X 5 lebih baik daripada 5 X 1. Membaca sedikit dengan cara berulang-ulang lebih baik daripada membaca banyak dalam waktu yang singkat/ satu kali baca.
Proses Belajar
Di dalam membaca buku kita dapat memilih atu dari tiga cara proses belajar berikut ini.
  1. Membaca permulaan sampai akhir dengan berurutan secara langsung.
  2. Membaca dari permulaan sampai akhir dengan cara urut, tetapi waktunya tidak langsung.
  3. Membaca bab-bab yang disukai atau yang dianggap penting saja.

0 comments: