Polisi Tetapkan Siaga I untuk Pilkada Jember

8:35 AM Edit This 0 Comments »

Jember - Kepolisian Resor (Polres) Jember menetapkan siaga I untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat terhitung sejak dilaksanakan "Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada" di alun-alun Jember, Kamis (17/6).

"Sejak hari ini, seluruh aparat kepolisian sudah memberlakukan siaga satu untuk pengamanan pilkada Jember," kata Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Jember Kompol Erick Hermawan setelah menghadiri gelar pasukan.

Jajaran Polres Jember juga melakukan simulasi penanggulangan kerusuhan pilkada dengan skenario Ketua KPU Jember diculik oleh sekelompok orang yang ingin mengganggu jalannya pilkada setempat, namun upaya tersebut berhasil digagalkan oleh aparat kepolisian yang bersiaga penuh untuk mengamankan Pilkada Jember.

Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada tersebut dipimpin langsung oleh Kapolwil Besuki Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Imam Djauhari dan dihadiri sejumlah anggota Muspida Kabupaten Jember.

Menurut Erick, Polres Jember mengerahkan sebanyak 1.113 personel polisi untuk mengamankan tahapan pilkada yang sudah ditentukan oleh KPU setempat, bahkan siaga satu sudah ditetapkan sejak saat ini.

"Kami benar-benar siaga untuk mengamankan pilkada Jember, sehingga suasana tetap kondusif, meski suhu politik di Jember semakin memanas," ucapnya.

Pada saat pemungutan suara, kata dia, satu personel polisi akan menjaga dua sampai tiga tempat pemungutan suara (TPS) di 31 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Jember.

"Jumlah TPS di Jember sebanyak 3.944 TPS, karena itu polisi juga dibantu dengan personel dari Badan Kesatuan dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbanglinmas) dan Satuan Polisi Pamomg Praja (Satpol PP) untuk pengamanan," paparnya.

Sejauh ini, lanjut dia, tidak ada daerah rawan konflik pilkada karena semuanya sudah kondusif dan sudah diantisipasi sejak dulu, apabila terjadi persoalan atau konflik di sana.

"Saya berharap suasana Jember tetap kondusif hingga tahapan pilkada selesai, yakni pengumuman hasil penghitungan surat suara di tingkat kabupaten, semua pihak diharapkan dapat menerima hasil itu," ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Bakesbanglinmas Jember, Edy Budi Susilo, mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 8.570 personel untuk pengamanan pilkada.

"Kami menempatkan dua orang Linmas untuk setiap TPS, sehingga pelaksanaan pilkada yang digelar 7 Juli mendatang diharapkan berjalan lancar dan tidak ada hambatan," tuturnya.(ant/yan)
 

Dikutip dari :
http://erabaru.net/nasional/50-jakarta/14628-polisi-tetapkan-siaga-i-untuk-pilkada-jember

0 comments: