PEMASARAN GLOBAL

2:10 PM Edit This 0 Comments »


 Lisensi
Pemberi lisensi (licensor) memberi izin pada perusahaan asing untuk menggunakan proses manufaktur, merk dagang, paten, rahasia dagang, atau hal berharga lain kepada pemegang lisensi (licensee) untuk mendapatkan bayaran/fee/royalti
Jenis-jenis lisensi ;
- Kontrak manajemen (untuk perusahaan jasa)
- Kontrak manufaktur (untuk perusahaan barang)


 Usaha Patungan/Joint Venture
Investor luar negeri dan investor lokal bergabung membentuk usaha patungan yang didalamnya mereka berbagi kepemilikan dan kendali 


 Investasi Langsung
Perusahaan asing dapat membeli sebagian atau seluruh kepemilikan perusahaan lokal atau membangun fasilitasnya sendiri 


Menentukan Program Pemasaran untuk Pasar Global
 Produk/Pelayanan
• Perluasan langsung
Memperkenalkan produk/pelayanan di pasar luar negeri tanpa perubahan apapun.
• Adaptasi produk
Perubahan produk/pelayanan untuk memenuhi kondisi atau preferensi lokal.


 Promosi
Perusahaan dapat melakukan kampanye dan promosi yang sama untuk seluruh pasar dan/atau menggunakan penyesuaian dengan kondisi lokal.
Penyesuaian-penyesuaian yang dapat dilakukan
• Menggunakan isi pesan yang sama dimana saja, hanya mengubah bahasa, nama, dan warna.
• Menggunakan tema yang sama secara global, namun detailnya disesuaikan dengan kondisi lokal.
• Mengembangkan suatu kumpulan iklan global, kemudian tiap negara memilih yang paling sesuai.
• Menciptakan iklan khusus untuk suatu pasar lokal.
 Harga
Beberapa pilihan dalam penetapan harga:
- Menetapkan harga seragam di mana saja.
- Menetapkan harga berbasis pasar di tiap negara.
- Menetapkan biaya berbasis pasar di tiap negara.

 Saluran Distribusi

  • Kantor pusat pemasaran internasional penjual
  • Saluran antar negara
  • Saluran di dalam negara asing
* Menentukan Organisasi Pemasaran Global *
Tantangan dalam Pemasaran Global
 Perbatasan negara yang berubah.
 Pemerintahan yang tidak stabil.
 Pembajakan teknologi.
 Perbedaan hukum, politik, dan budaya.

0 comments: