PEMASARAN GLOBAL
2:10 PM Edit This 0 Comments » Lisensi
Pemberi lisensi (licensor) memberi izin pada perusahaan asing untuk menggunakan proses manufaktur, merk dagang, paten, rahasia dagang, atau hal berharga lain kepada pemegang lisensi (licensee) untuk mendapatkan bayaran/fee/royalti
Jenis-jenis lisensi ;
- Kontrak manajemen (untuk perusahaan jasa)
- Kontrak manufaktur (untuk perusahaan barang)
Usaha Patungan/Joint Venture
Investor luar negeri dan investor lokal bergabung membentuk usaha patungan yang didalamnya mereka berbagi kepemilikan dan kendali
Investasi Langsung
Perusahaan asing dapat membeli sebagian atau seluruh kepemilikan perusahaan lokal atau membangun fasilitasnya sendiri
Menentukan Program Pemasaran untuk Pasar Global
Produk/Pelayanan
• Perluasan langsung
Memperkenalkan produk/pelayanan di pasar luar negeri tanpa perubahan apapun.
• Adaptasi produk
Perubahan produk/pelayanan untuk memenuhi kondisi atau preferensi lokal.
Promosi
Perusahaan dapat melakukan kampanye dan promosi yang sama untuk seluruh pasar dan/atau menggunakan penyesuaian dengan kondisi lokal.
Penyesuaian-penyesuaian yang dapat dilakukan
• Menggunakan isi pesan yang sama dimana saja, hanya mengubah bahasa, nama, dan warna.
• Menggunakan tema yang sama secara global, namun detailnya disesuaikan dengan kondisi lokal.
• Mengembangkan suatu kumpulan iklan global, kemudian tiap negara memilih yang paling sesuai.
• Menciptakan iklan khusus untuk suatu pasar lokal.
Harga
Beberapa pilihan dalam penetapan harga:
- Menetapkan harga seragam di mana saja.
- Menetapkan harga berbasis pasar di tiap negara.
- Menetapkan biaya berbasis pasar di tiap negara.
Saluran Distribusi
- Kantor pusat pemasaran internasional penjual
- Saluran antar negara
- Saluran di dalam negara asing
Tantangan dalam Pemasaran Global
Perbatasan negara yang berubah.
Pemerintahan yang tidak stabil.
Pembajakan teknologi.
Perbedaan hukum, politik, dan budaya.
0 comments:
Post a Comment