Pohon Kelapa

9:10 PM Edit This 0 Comments »

Pohon kelapa yang disebut juga dengan pohon nyiur biasanya tumbuh pada daerah atau kawasan tepi pantai. Sangat banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pohon kelapa. Mulai dari batang, daun dan buahnya, semua dapat dimanfaatkan. Mungkin karena manfaatnya sangat banyak, pohon kelapa dijadikan logo "Praja Muda Karana" (Pramuka) di Indonesia. Dalam klasifikasi tumbuhan, pohon kelapa termasuk dalam genus : cocos dan species : nucifera. Nah, sekarang mari kita bahas satu persatu bagian dan manfaat dari pohon kelapa. Bagian-bagian Kelapa
 Buah kelapa
Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa dan lembaga.

 Kulit luar
Kulit luar merupakan lapisan tipis (0,14 mm) yang mempunyai permukaan licin dengan warna bervariasi dari hijau, kuning sampai jingga, tergantung kepada kematangan buah. Jika tidak ada goresan dan robek, kulit luar kedap air.
 Sabut kelapa.
Sabut kelapa merupakan bagian yang cukup besar dari buah kelapa, yaitu 35 % dari berat keseluruhan buah. Sabut kelapa terdiri dari serat dan gabus yang menghubungkan satu serat dengan serat lainnya. Serat adalah bagian yang berharga dari sabut. Setiap butir kelapa mengandung serat 525 gram (75 % dari sabut), dan gabus 175 gram (25 % dari sabut).
 Tempurung
Tempurung merupakan lapisan keras yang terdiri dari lignin, selulosa, metoksil dan berbagai mineral. Kandungan bahan-bahan tersebut beragam sesuai dengan jenis kelapanya. Struktur yang keras disebabkan oleh silikat (SiO2) yang cukup tinggi kadarnya pada tempurung. Berat tempurung sekitar 15~19 % dari berat keseluruhan buah kelapa.
 Kulit daging buah.
Kulit daging buah adalah lapisan tipis coklat pada bagian terluar daging buah.
 Daging buah.
Daging buah merupakan lapisan tebal (8~15 mm) berwarna putih. Bagian ini mengandung berbagai zat gizi. Kandungan zat gizi tersebut beragam sesuai dengan tingkat kematangan buah. Daging buah tua merupakan bahan sumber minyak nabati (kandungan minyak 35 %). Pada tabel 2 dapat dilihat komposisi zat gizi daging buah kelapa.
 Air kelapa.
Air kelapa mengandung sedikit karbohidrat, protein, lemak dan beberapa mineral. Kandungan zat gizi ini tergantung kepada umur buah. Air kelapa dapat digunakan sebagai media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobacter xylinum untuk produksi nata de coco.
Manfaat Pohon Kelapa
Ada beberapa komoditi yang dapat diperoleh dari pohon kelapa, yaitu batang, daun, nira dan bagian-bagian.
Batang
Batang kelapa tua dapat dijadikan bahan bangunan, mebel, jembatan darurat, kerangka perahu dan kayu bakar. Batang yang benar-benar tua dan kering sangat tahan terhadap sengatan rayap. Kayu dari pohon kelapa yang dijadikan mebel dapat diserut sampai permukaannya licin dengan tekstur yang menarik
Daun
Daun kelapa sering digunakan untuk hiasan atau janur, sarang ketupat dan juga atap rumah. Tulang daun atau lidi dijadikan barang anyaman, sapu lidi dan tusuk daging (sate).


Nira
Nira adalah cairan yang diperoleh dari tumbuhan yang mengandung gula pada konsentrasi 7,5 sampai 20,0 %. Nira kelapa diperoleh dengan memotong bunga betina yang belum matang, dari ujung bekas potongan akan menetes cairan nira yang mengandung gula. Nira dapat dipanaskan untuk menguapkan airnya sehingga konsentrasi gula meningkat dankental. Bila didinginkan, cairan ini akan mengeras yang disebut gula kelapa. Nira juga dapat dikemas sebagai minuman ringan.
Buah
Banyak dari bagian buah merupakan bahan yang bermanfaat. Sabut kelapa yang telah dibuang gabusnya merupakan serat alami yang berharga mahal untuk pelapis jok dan kursi, serta untuk pembuatan tali
Tempurung kelapa
Tempurung kelapa dapat dibakar langsung sebagai kayu bakar, atau diolah menjadi arang. Arang batok kelapa dapat digunakan sebagai kayu bakar biasa atau diolah menjadi arang aktif yang diperlukan oleh berbagai industri pengolahan.
Daging kelapa
Daging kelapa merupakan bagian yang paling penting dari komoditi asal pohon kelapa. Daging kelapa yang cukup tua, diolah menjadi kelapa parut, santan, kopra, dan minyak goreng. Sedang daging kelapa muda dapat dijadikan campuran minuman cocktail dan dijadikan selai.
Air kelapa
Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kecap dan sebagai media pada fermentasi nata de coco.

Minyak kelapa virgin
Minyak kelapa virgin memang dikenal sebagai minyak yang mampu melangsingkan tubuh sehingga bukan hal yang aneh lagi bila minyak kelapa ini digemari oleh para perempuan yang memahami akan manfaatnya. Setelah dilakukan beberapa penelitian oleh para ahli ternyata minyak kelapa virgin ini memiliki khasiat yang luas selain sebagai pelangsing tubuh, minyak kelapa virgin juga bermanfaat sebagai obat untuk berbagai penyakit.
Minyak kelapa virgin berasal dari daging buah kelapa yang telah diproses melalui beberapa tahapan diantaranya ekstraksi, filtrasi, purifikasi dan deodorasi. Minyak virgin yang didapat, mengandung suatu asam lemak jenuh yaitu lauric acid. Lauric acid “asam laurik” ini merupakan suatu asam lemak jenuh dengan rantai karbon sedang (memiliki 12 atom karbon) yang disebut Medium Chain Fatty Acid atau MCFA.
Masyarakat pada umumnya takut terhadap MCFA disebabkan oleh mitos-mitos serta isu-isu akan bahaya MCFA. Padahal MFCA ini, telah diujikan oleh beberapa ahli dan ternyata MCFA berkhasiat untuk mempertahankan kesehatan tubuh.
Di dalam tubuh MCFA mempunyai sifat unik, yaitu tidak membutuhkan enzim untuk menembus dinding mitokondria sehingga proses metabolisme tubuh akan meningkat dan energi dihasilkan dengan cepat dan efisien. Penambahan energi yang dihasilkan oleh metabolisme itu menghasilkan efek stimulasi dalam seluruh tubuh. Itulah sebabnya ada orang mengatakan, mengonsumsi MCFA mirip dengan mengisi kendaraan dengan menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi.
Di samping meningkatkan level energi kita, ada manfaat lain seiring dengan peningkatan metabolisme itu misalnya, peningkatan daya tahan terhadap penyakit dan percepatan penyembuhan dari sakit. Dengan peningkatan metabolisme, sel-sel kita bekerja lebih efisien. Mereka membentuk sel-sel baru serta mengganti sel-sel yang rusak dengan lebih cepat.
Uji akan khasiat MCFA ini telah dilakukan salah satunya dengan penggunaan minyak kelapa virgin sebagai minyak goreng. Dari uji tersebut didapat hasil bahwa minyak kelapa virgin berkhasiat untuk meningkatkan ketahanan tubuh terhadap beberapa penyakit diantaranya virus-virus seperti HIV, Herpes simplex virus-1 (HSV-1), Vesicular stomatitis virus (VSV), Visna virus, cytomegalovirus (CMV), influenza, dan berbagai bakteri patogen termasuk Listeria monocytogenes dan Helicobacter pyloryd, serta protozoa seperti Giadia lamblia.
Dalam pemanfaatannya, minyak kelapa Virgin dapat dikonsumsi secara langsung, atau dipakai untuk memasak. Dengan struktur kimia yang terdiri dari single bond “ikatan tunggal”, minyak ini bersifat tahan terhadap panas, cahaya, oksigen, dan tahan terhadap proses degradasi. Dengan sifat itu, minyak kelapa virgin dapat disimpan dengan mudah pada suhu kamar selama bertahun-tahun. (fik)

Manfaat Buah Kelapa Bagi keindahan kaki
Kelapa memang tanaman multi guna yang bisa dimanfaatkan mulai dari buah, air, sabut hingga batang daunnya. Tetapi air kelapa ternyata terdapat khasiat dan nilai gizi yang luar biasa. Karena air kelapa juga mengandung mineral yang dibutuhkan sebagai pengganti ion tubuh. Saat anda meminum air kelapa muda maka tubuh anda akan terasa segar kembali.
Penelitian juga telah membuktikan bahwa kandungan vitamin dalam air kelapa baik untuk bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Salah satu yang mungkin anda belum tahu adalah untuk merawat telapak kaki.
Telapak kaki yang sering menahan beban dan menginjak permukaan yang kasar seringkali menjadi pecah-pecah. Pasti anda tidak ingin telapak kaki anda kasar seperti parutan. Jika anda tertarik untuk mencobanya, sebaiknya anda simak beberapa langkah berikut ini agar penampilan kaki anda mulus kembali.
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah merendam satu genggam beras dalam air kelapa muda yang masih ada dalam tempurung selama 6 atau 7 jam. Jika sudah terasa asam sebaiknya anda angkat. Lalu giling beras asam rendaman tadi hingga menjadi bubur halus. Oleskan bubur beras tadi pada telapak kaki pecah-pecah.
Apabila anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya anda lakukan setiap hari secara teratur selama 3 hingga 4 hari.
Agar saat anda ingin mengenakan high heel, anda tidak perlu khawatir dan cemas lagi.

0 comments: